Selasa, 28 Desember 2010

SAYURAN KOBIS

Tau kah kita kenapa saya sengaja masukin ini dalam tulisa blog. sampai sekarang saya masih heran aja melihat sayur yang satu ini. "Dari mankah asal sayur ini ? pusing kan....????
hehehehe.... hampir sama teorinya dengan telur barasal dari ayam, ayam bersal dari telur. tapi masih mendingan teori telur barasal dari ayam, ayam berasal dari telur dibandingkan sayur kobis ini, sayur kobis ini tidak memiliki bunga, jadi dari mana sayur ini ada ?
Tanaman kobis-kobisan seperti: broccoli, cabbage, kale, leaf mustard and turnip telah diketahui mengandung cukup tinggi senyawa bioactive yang disebut sebagai glucosinolate. Kobis china adalah jenis kobis-kobisan yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat cina, jepang dan korea. Di Indonesia, sayuran kobis (jenis putih) paling banyak dikonsumsi, baik sebagai lalapan ayam goreng maupun masakan nasgor (nasi goreng) dan mie duk-duk. Namun masih sedikit sekali informasi kandungan dan fungsi glucosinolate pada kobis.
Cruciferous adalah nama ilmiah untuk group sayuran: broccoli, cauliflower, cabbage, turnips, kale, collard greens, broccoli rabe, and brussels sprouts. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jenis -jenis sayuran ini dapat secara nyata mengurangi resiko terkena serangan berbagai jenis penyakit kanker. jadi kalau ada yang tau asal-usul sayur yang satu ini, tolong dibuat tulisanya supaya para petani kita, bisa mengelola bibit unggul sayur kobis ini, tanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar