Selasa, 17 November 2009

ILMU PENGETAHUAN DAN TEHNOLOGI LINGKUNGAN

DEFENISI IPTEK LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN

IPTEK terdiri dari Ilmu, Pengetahuan, dan tehnologi. Ilmu bisa berarti proses memperoleh pengetahuan, atau pengetahuan terorganisasi yang diperoleh lewat proses tersebut. Proses keilmuan adalah cara memperoleh pengetahuan secara sistematis tentang suatu sistem. Perolehan sistematis ini umumnya berupa metode ilmiah, dan sistem tersebut umumnya adalah alam semesta. Dalam pengertian ini, ilmu sering disebut sebagai sains. Jadi, Ilmu adalah Pengetahuan suatu bidang yang disusun secara sistematis (memiliki metode) yang dapat digunakan untuk menerapkan gejala-gejala tertentu diberbagai bidang.

Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang kita ketahui. Pengetahuan merupakan hasil tahu, ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan suatu objek tertentu. Pengindraan terjadi melalui panca indra yaitu indra penglihatan, pendengaran, penciuman, dan rasa. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh dari mata dan telinga. Pengetahuan pada dasarnya terdiri dari sejumlah fakta dan teori yang memungkinkan seseorang untuk dapat mencapai masalah yang dihadapinya. Pengetahuan tersebut diperoleh dari pengalaman langsung maupun melalui pengalaman orang lain, dan yang terakhir Tehnologi.

Tehnologi gabungan dari ilmu (science) dan Rekayasa (egenerig), seseorang yang memiliki imazinasi yang tinggi akan dapat menciptakan sebuah rekayasa yang dapat menciptakan sebuah ilmu dimana ilmu itu akan diproses dengan memiliki metode yang dapat menciptakan sebuah alat tehnologi yang canggih.

Penerapan IPTEK LIngkungan dan Pembangunan

· Penerapan dalam Bidang Pertanian

Dalam Bidang Petanian Tehnologi IPTEK sangat diperlukan misalnya dalam pemakaian Pupuk, Bibit Unggul, Pestisida dll, itu semua merupakan hasil dari IPTEK

· Pengelolaan Limbah

Tehnologi IPTEK telah membantu kita untuk menyelesaikan masalah mengenai limbah, IPTEK berusaha untuk menjadikan Limbah itu bermafaat sedemikian rupa.

· Daur ulang sampah

Salah satu masalah yang dihadapi setiap daerah adalah merupakan masalah sampah, sampah itu sangat merugikan manusia, itu juga karena perbuatan manusia, dalam hal ini tehnologi IPTEK berupaya dalam mengatasi masalah tersebut dengan cara mendaur ulang sampah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar