Minggu, 20 Februari 2011

Ciri – Ciri Penting Dari Suatu Algoritma & Keuntungan Pembuatan Algoritma

Ciri – Ciri Penting Dari Suatu Algoritma

Menurut Donald E. Knuth dalam bukunya yang berjudul “The Art of Computer Programming”, sebuah algoritma memiliki 5 (lima) ciri-ciri penting, yakni :

  1. Algoritma harus berhenti setelah melakukan sejumlah langkah terbatas
  2. Setiap langkah algoritma harus didefinisikan dengan tepat dan tidak bermakna ganda (ambiguous)
  3. Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input)
  4. Algoritma memiliki satu atau beberapa keluaran (output)
  5. Algoritma harus efektif

Algoritma pemrograman yang baik

memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah.
  • Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu singkat.
  • Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis dan rapi sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
  • Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman.
  • Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas.
  • Semua proses harus selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

Algoritma sebagai kumpulan langkah-langkah dikatakan sebagai algoritma yang baik jika memiliki kriteria sebagai berikut:

1. setiap langkah yang ada pada algritma harus definite (jelas dan pasti). Sebagai contoh jika n mod 2 = 1 maka n adalah bilangan ganjil. Ini adalah sebuah pernyataan yang jelas dan pasti. Berbeda dengan pernyataan ganjil ?. Pernyataan yang kedua adalah pernyataan yang tidak jelas karena tidak didefinisikan apakah yang ganjil.

2. Algoritma atau program minimal memiliki sebuah output. Program atau algoritma yang tidak memilikioutput tidak akan dapat diketahui hasil dari penyelesaian masalah.

3. Harus ada stoping criteria yaitu kondisi yang membuat program tersebut berhenti. Jika program tidak memiliki stoping criteria maka program tidak dapat berhenti yang dapat mengakibatkan komputer hang.


Keuntungan Pembuatan Algoritma

Algoritma Merupakan Jantung Ilmu Informatika

Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut sebagai algoritma. Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-langkah membuat masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan yang diinginkan. Ibu-ibu yang mencoba suatu resep masakan akan membaca satu per satu langkah-langkah pembuatannya lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alat-alat elektronik lainnya. Pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau “mengeksekusi” algoritma yang menjabarkan proses tersebut. Algoritma adalah deskripsi dari suatu pola tingkah laku yang dinyatakan secara primitif yaitu aksi-aksi yang didefenisikan sebelumnya dan diberi nama, dan diasumsikan sebelumnya bahwa aksi-aksi tersebut dapat kerjakan sehingga dapat menyebabkan kejadian.

referensi

http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/algoTI1.pdf

http://usupress.usu.ac.id/files/Algoritma%20dan%20Pemrograman;%20Teori%20dan%20Praktik%20dalam%20Pascal%20Edisi%20Kedua_Normal_bab%201.pdf

http://www.scribd.com/doc/17252937/Algoritma-Dan-Pemrograman

1 komentar: